Selasa, 12 Februari 2013

apa itu kurikulum ?


Apa itu Kurikulum ??
Kurikulum berasal dari kata Curir (pelari) dan Curere (tempat berpacu). Kurikulum adalah semua pengalaman belajar yang dialami peserta didik dan mempengaruhi perkembangna pribadinya. Menurut UUSisDikNas, kurikulum yaitu seperangkat rencana, tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (UU No 20 tahun 2003). Adapun pengertian kurikulum dalam arti sempit dan dalam arti luas. Dalam arti sempit, kurikulum berarti kumpulan mata pelajaran / bahan ajar yang harus disampaikan guru, sedangkan dalam arti luas kurikulum lebih menekankan pada pengalaman peserta didik yang dapat mempengaruhi kepribadiannya.
Selain itu ada juga pengertian kurikulum menurut para ahli, yaitu :
1)      Mauritz Johnson, membedakan kurikulum dengan pengajaran. Kalau pengajaran adalah interaksi siswa dengan pengajar, sedangkan kurikulum adalah rentetan hasil belajar yang diharapkan (tujuan).
2)      Mac Donald, berpendapat bahwa persekolahan itu terbentuk atas 4 subsistem, yaitu :
·         Mengajar à kegiatan professional guru
·         Belajar à upaya siswa sebagai respon
·         Pengajaran à interaksi belajar mengajar
·         Kurikulum à rencana sebagai pedoman
3)     Beauchamp, kurikulum sebagai rencana tertulis.
4)     Taba, perbedaan kurikulum dengan pengajaran terletak pada keluasan cakupan,
KURIKULUM                                                                                                   PENGAJARAN
Tujuan umum/akhir                                                                   Tujuan khusus/dekat
Isi dan metoda lebih luas                                                       Lebih sempit
5)     Zais, mengartikan kurikulum sebagai bidang studi, yaitu mencakup :
Ø  Batasan/jarak/cakupan subject matter
Ø  Prosedur pengembangan dan praktek
Model Konsep Kurikulum
1)       Kurikulum subjek akademis
Sumber : pendidikan klasik (filsafat perenialisme, esensialisme)
Ø  Orientasi masa lalu
Ø  Asumsi : ilmu, nilai, budaya telah solid
Ø  Tugas pendidikan memelihara dan mewariskan ilmu, nilai budaya
Ø  Guru adalah ekspert dan model
Karakteristik
Ø  Kurikulum menekankan isi/materi ajar
Ø  Isi kurikulum berasal dari disiplin ilmu
Ø  Peranan guru sangat dominan
Ø  Penyajian : ekspositori dan inkuiri
2)      Kurikulum Humanistik
Sumber : pendidikan pribadi (filsafat eksistensialisme)
Ø  Orientasi ke masa depan
Ø  Asumsi : nanak punya potensi
Ø  Pendidikan ibarat bertani
Ø  Guru adalah psikolog, bidan, motivator, fasilitator
Karakteristik kurikulum :
Ø  Siswa adalah subjek, punya peran utama
Ø  Isi/bahan sesuai minat/kebutuhan siswa
Ø  Menekankan kebutuhan pribadi
Ø  Penyampaian : discovery,inquiry, penekanan masalah
3)     Kurikulum Teknologis
Sumber : pendidikan teknologi (filsafat realism)
Ø  Orientasi ke masa sekarang dan yang akan datang
Ø  Menekankan kompetensi
Ø  Kompetensi diuraikan menjadi perilaku yang dapat diamati
Ø  Peranan guru tidak dominan (dapat diganti alat-alat teknologi)
Ø  Pendidikan bersifat ilmiah (science, experiment, terukur)
Ø  Pendidikan-sistem
Karakteristik Kurikulum
Ø  Tujun dirinci menjadi objektif
Ø  Menekankn isi (uraian kompetensi)
Ø  Desain pengjara disusun sistemik (menggunakan pendekatan analisis)
Ø  Isi disajikan dalam media tulis dan elektronik
Ø  Evaluasi menggunakan tes objektif
4)     Kurikulum Rekonstruksi Sosial
Sumber : pendidikan interaksional (filsafat pragmatism)
Ø  Orientasi ke masa laud an sekarang
Ø  Asumsi : manusia makhluk social
Ø  Menekankan pemecahan problema masyarakat
Ø  Tujuan pendidikan pembentukan masyarakat lebih baik
Ø  Pendidikan adalah kerjasama : interaksi guru-siswa-siswa
Karakteristik Kurikulum :
Ø  Tujuan pemecahan masalah masyarakat
Ø  Isi kurikulum : problema dalam masyarakat
Ø  Metode mengajar kooperatif/gotong-royong/kerja kelompok
Ø  Guru dan siswa belajar bersama




0 komentar:

Posting Komentar