Mengapa
kurikulum perlu dikembangkan ??
Kurikulum adalah pedoman
atau acuan dalam proses pembelajaran pada lembaga pendidikan, selain itu
kurikulum terkait komponen yang mempengaruhi pembentukan kepribadian siswa agar
dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan dalam konteks pendidikan. oleh
karena itu, kurikulum perlu untuk dikembangkan sesuai dengan perkembangan dunia
pendidikan yang terjadi pada saat itu.
Pengembangan kurikulum
mengacu pada tiga unsur, yaitu : (1) nilai dasa yang merupakan falsafah dalam
pendidikan manusia seutuhnya; (2) fakta empirik yang tercermin dari pelaksanaan
kurikulum, baik berdasarkan penilaian kurikulum, studi maupun survei lainnya;
(3) landasan teori yang menjadi arahan pengembangan dan kerangka penyorotnya.
(Depdikbud, 1986:1).
Pengembangan kurikulum
dapat diartikan sebagai suatu proses pembaharuan kurikulum sesuai dengan
perkembangan yang terjadi dalam dunia pendidikan saat itu dengan tidak merubah
nilai-nilai dasar dalam falsafah pendidikan.
Apa
saja yang menjadi landasan dalam pengembangan kurikulum ??
Menurut Tim Pengembang
MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, dalam buku Kurikulum
& Pembelajaran ada empat landasan dalam pengembangan kurikulum, yaitu :
1. landasan
filosofis
kurikulum
pada hakikatnya adalah alat bantu untuk mencapai tujuan pendidikan. karena
tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh fisafat atau pandangan hidup suatu
bangsa, maka kurikulum yang dikembangkan juga harus mencerminkan falsafah atau
pandangan hidup yang dianut oleh bangsa tersebut
2. landasan
psikologi
perubahan
perilaku peserta didik dipengaruhi oleh factor kematangan dan factor dari luar
program pendidikan atau lingkungan. Kurikulum sebagai alat untuk mencapai
tujuan pendidikan sudah pasti berhubungan dengan perubahan perilaku peserta
didik. Pengembangna kurikulum harus dilandasi oleh asumsi-asumsi ynag berasal
dari psikologi, yang meliputi kajian tentang apa dan bagaimana perkembangan
peserta didik serta bagaimana peserta didik belajar
3. landasan
sosiologis
anak-anak
berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan dalam masyarakat dan akan
terjun kembali pada kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, kurikulum harus
dilandasi oleh asumsi-asumsi sosiologi dalam pengembangannya
4. landasan
ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
berasumsikan
dari hasil-hasil riset dan aplikasi. Pengembangan kurikulum membutuhkan sumbangan
dari berbagai kajian ilmiah dan teknologi, supaya dalam pelaksanaannya dapat
sesuai dengan perkembangan IPTEK.
0 komentar:
Posting Komentar