Selasa, 12 Februari 2013

landasan pengembangan kurikulum


Mengapa kurikulum perlu dikembangkan ??
Kurikulum adalah pedoman atau acuan dalam proses pembelajaran pada lembaga pendidikan, selain itu kurikulum terkait komponen yang mempengaruhi pembentukan kepribadian siswa agar dapat sesuai dengan tujuan yang diharapkan dalam konteks pendidikan. oleh karena itu, kurikulum perlu untuk dikembangkan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan yang terjadi pada saat itu.
Pengembangan kurikulum mengacu pada tiga unsur, yaitu : (1) nilai dasa yang merupakan falsafah dalam pendidikan manusia seutuhnya; (2) fakta empirik yang tercermin dari pelaksanaan kurikulum, baik berdasarkan penilaian kurikulum, studi maupun survei lainnya; (3) landasan teori yang menjadi arahan pengembangan dan kerangka penyorotnya. (Depdikbud, 1986:1).
Pengembangan kurikulum dapat diartikan sebagai suatu proses pembaharuan kurikulum sesuai dengan perkembangan yang terjadi dalam dunia pendidikan saat itu dengan tidak merubah nilai-nilai dasar dalam falsafah pendidikan.
Apa saja yang menjadi landasan dalam pengembangan kurikulum ??
Menurut Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, dalam buku Kurikulum & Pembelajaran ada empat landasan dalam pengembangan kurikulum, yaitu :
1.       landasan filosofis
kurikulum pada hakikatnya adalah alat bantu untuk mencapai tujuan pendidikan. karena tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh fisafat atau pandangan hidup suatu bangsa, maka kurikulum yang dikembangkan juga harus mencerminkan falsafah atau pandangan hidup yang dianut oleh bangsa tersebut
2.       landasan psikologi
perubahan perilaku peserta didik dipengaruhi oleh factor kematangan dan factor dari luar program pendidikan atau lingkungan. Kurikulum sebagai alat untuk mencapai tujuan pendidikan sudah pasti berhubungan dengan perubahan perilaku peserta didik. Pengembangna kurikulum harus dilandasi oleh asumsi-asumsi ynag berasal dari psikologi, yang meliputi kajian tentang apa dan bagaimana perkembangan peserta didik serta bagaimana peserta didik belajar
3.      landasan sosiologis
anak-anak berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan dalam masyarakat dan akan terjun kembali pada kehidupan masyarakat. Oleh karena itu, kurikulum harus dilandasi oleh asumsi-asumsi sosiologi dalam pengembangannya
4.      landasan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
berasumsikan dari hasil-hasil riset dan aplikasi. Pengembangan kurikulum membutuhkan sumbangan dari berbagai kajian ilmiah dan teknologi, supaya dalam pelaksanaannya dapat sesuai dengan perkembangan IPTEK.

0 komentar:

Posting Komentar